Class Diagram

          Class Diagram

    Class Diagram adalah diagram UML yang menggambarkan kelas-kelas dalam sebuah sistem dan hubungannya antara 1 dengan yang lain serta dimasukkan pula atribut , operasi dan hubungan antar class.

Tahapan Class Diagram :
1. Mengidentifikasi objek dan mendapatkan kelas-kelasnya.
2. Mengidentifikasi atribut kelas-kelas.
3. Mulai mengkontruksi kamus data.
4. Mengidentifikasi operasi pada kelas-kelas.
5. Menggunakan teknik CRC untuk memperlihatkan pertanggung jawaban     dan kolaborasi.
6. Mengidentifikasi hubungan antar class dengan asosiasi ,             agresiasi , inheritance.
7. Memoles model.

Simbol pada Class Diagram :
NoSimbolKeterangan
1Nama Kelas di Class DiagramSimbol ini adalah sibol untuk sebuah kelas pada struktur sistem. penulisan disana tidak diperbolehkan menggunakan spasi. simbol ini memiliki 3 susunan, yaitu kotak pertama adalah nama kelas, kedua atribut dan terakhir operasi.
2Interface dalam class diagramLingkaran ini adalah simbol untuk interface atau dalam bahasa indonesianya antar muka. konsep yang digunakan pun sama dengan pemrogramman berorientasi object (OOP).
3garisSimbol ini sering disebut dengan simbol Association atau dalam bahasa indonesianya yaitu asosiasi. Garis ini adalah garis yang digunakan untuk menghubungkan atau merelasikan kelas satu dengan kelas yang lainnya dengan makna umum.
4Asosiasi Berarah dalam class diagramNama dari sibol ini adalah indirected association atau dalam bahasa indonesianya adalah asosiasi berarah. Simbol ini merupakan simbol relasi antar kelas seperti yang diatas, namun yang membedakan pada relasi ini adalah cara penggunaannya. Simbol ini digunakan jika kelas yang satu digunakan oleh kelas yang lainya.
5GenerGeneralisasi di dalam class diagramalisasiSimbol ini bernama Generalisasi. Generalisasi digunakan untuk menghubungkan antar kelas dengan arti umum-khusus. Jadi jika ada kelas bermakna umum dan kelas bermakna khusus dapat menggunakan simbol ini.
6Agregasi dalam class diagramNama dari simbol ini adalah Aggregation atau dalam bahasa indonesia nya Agregasi. Simbol ini adalah simbol yang menghubungkan antar kelas dengan makna untuk semua bagian. Jadi relasi ini digunakan jika kelas yang satu adalah semua bagian dari kelas yang lainnya.

Contoh Class Diagram :

Comments

Popular posts from this blog

Sequence Diagram