DataBase

    Pengertian Database adalah sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi. Selain itu adapula yang mendefinisikan database sebagai kumpulan file, tabel, atau arsip yang saling terhubung yang disimpan dalam media elektronik. 
Keuntungan DataBase :
    a. Dapat Meminimalkan Redudansi Data
    b. Integritas Data Yang Tinggi
    c. Independensi Data
    d. Dapat Berbagi Data
    e. Tingkat Keamanan Yang Tinggi

Tujuan DataBase :
  • Mempermudah user dalam mengakses data yang diperlukannya.
  • Menyediakan tempat untuk penyimpanan data yang aman dan relevan.
  • Mengurangi data yang berlebihan, misalnya dengan cara di hapus atau di manipulasi.
  • Untuk melindungi data dari gangguan fisik, sehingga terhindar dari kerusakan atau kehilangan.
  • Database dapat di kembangkan sesuai keperluan.
Komponen-Komponen DataBase :
       a. Data
   b. Hardware
   c. Software
   d. User

Tipe Database secara umum :
  1. Relational Database
        Merupakan database yang paling umum di gunakan oleh orang-orang saat ini. Karena database ini sangat sederhana dan cukup mudah digunakan sehingga lebih mudah di pahami juga oleh pemakainya. 
  2. Operational Database
      Merupakan database yang menyimpan data-data secara lebih rinci, biasanya digunakan untuk operasional pada organisasi secara menyeluruh. 
  3. Distributed Database
        Merupakan suatu kumpulan data-data yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya tersebar secara fisik dengan jaringan komputer sehingga dapat digunakan bersama-sama. 
  4. Analytical Database
        Yaitu database yang menyimpan data-data dan juga informasi yang diambil dari operasional yang telah dipilih dan dari eksternal database. 
  5. Data Warehouse
       Data warehouse merupakan data yang berorientasi kepada subjek, yang terintegrasi, mempunyai dimensi waktu yang digunakan untuk mengambil suatu keputusan, Suatu data warehouse dapat menyimpan data-data saat ini hingga tahun-tahun sebelumnya, biasanya data yang diambil berasal dari database operasional suatu organisasi.
  6. End-User Database
       Merupakan database yang terdiri dari berbagai macam file berisi data yang dapat di kembangkan oleh end-user pada workstation mereka masing-masing. 
  7. Hypermedia Databases on The Web
      Yaitu suatu kumpulan dari halaman multimedia yang saling semuanya terhubung satu sama lain pada sebuah situs web. 
  8. External Database
       Merupakan database yang menyediakan akses ke luar, seperti mengakses data online milik pribadi. 
  9. Navigational Database
      Pada Navigational database, queries dapat menemukan suatu benda dengan mengikuti referensi dari objek lain. Database ini menggunakan antar muka model jaringan dan juga hirarki, teknik navigasinya memakai pointer serta path untuk navigasi rekaman data.
  10. In-memory Databases
       Salah satu database yang dioptimalkan untuk penggunaan in-memory, jadi database ini bergantung pada memory utama untuk menyimpan datanya pada komputer. Sehingga dapat dikatakan berbeda dengan database manajemen yang memakai disk untuk menyimpan datanya.
   11. Document-Oriented Databases
        Merupakan database yang digunakan untuk penyimpanan data-data yang ditujukan untuk aplikasi yang membutuhkan akses ke data dengan format dokumen. Bedanya dengan database rasional yaitu aplikasi Document-Oriented Databases tidak menyimpan datanya dalam bentuk kolom dan baris maupun dengan tipe data serta lebar data yang telah pasti. 
   12. Real-time Databases
         Sistem database ini dirancang untuk memberikan solusi pada pekerjaan yang dapat mengalami perubahan secara terus menerus, berbeda dengan database lain yang tidak terpengaruh oleh waktu. 

Contoh Aplikasi DataBase :
a. MySQL
       Setiap pengguna dapat menggunakan MySQL secara bebas, karena software database ini gratis. Pada umumnya MySQL dapat digunakan untuk mengelola database yang cukup banyak dan bisa digunakan untuk aplikasi berbasis web. MySQL menggunakan bahasa SQL (Structured Query Language) untuk mengakses data yang ada dalam database.
b. Oracle
      Aplikasi atau sofware database ini umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena aplikasi database ini berbayar. Oracle menggunakan bahasa SQL (Structured Query Language) untuk mengakses data yang ada dalam database.
c. Microsoft Access
   Aplikasi database Microsoft Acces merupakan anggota dari Microsoft Office yang dikeluarkan oleh Microsoft. Pada umumnya aplikasi database ini digunakan untuk perusahaan kecil sampai menengah.
d. Microsoft SQL Server

Comments

Popular posts from this blog

Sequence Diagram

Class Diagram